Pentingnya Aktifkan Autentikasi Dua Faktor (2FA)

Maraknya kejahatan siber memang menjadi ancaman serius di era digital saat ini. Salah satu cara untuk meningkatkan keamanan adalah dengan menerapkan Autentikasi Dua Faktor (2FA). 2FA adalah metode keamanan untuk menambahkan lapisan keamanan pada akun media sosial kita di mana pengguna harus memasukkan dua bentuk identifikasi yang berbeda untuk mengakses akun atau sistem  untuk memastikan bahwa kita adalah satu-satunya pengakses akun kita, selain password salah satu contohnya adalah dengan mengirimkan kode khusus melalui SMS ke nomor telepon seluler setiap kali ada upaya login ke akun media sosial yang kita miliki.

Ada beberapa jenis Autentikasi Dua Faktor (2FA) yang umum digunakan. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  • SMS atau Teks OTP                           : Kamu akan menerima kode unik melalui SMS.
  • Aplikasi OTP                                       : Aplikasi seperti Google Authenticator menghasilkan kode yang berubah secara berkala.
  • Email OTP                                          : Kode dikirim melalui email ke alamat terverifikasi.
  • Pemindaian Sidik Jari atau Wajah      : Menggunakan teknologi biometrik untuk verifikasi.
  • Hardware Token                                  : Alat fisik yang menghasilkan kode unik.
  • Pertanyaan Keamanan                       : Menjawab pertanyaan yang hanya kamu yang tahu jawabannya.

Mengamankan 2FA sangat penting karena memberikan lapisan keamanan tambahan yang signifikan bagi akun kita. Berikut beberapa alasan mengapa perlu mengamankan 2FA.

  1. Keamanan lebih tinggi

Memberikan keamanan tambahan dan mempersulit peretas untuk mendapatkan kendali atas akun kalian.

  1. Perlindungan kata sandi

Menambahkan lapisan keamanan, bahkan jika kata sandi bocor, masih memerlukan faktor kedua seperti kode SMS untuk akses akun.

  1. Kontrol ekstra

Memberi kontrol lebih pada keamanan akun. Pemberitahuan atau kode otentikasi segera diterima saat ada upaya masuk mencurigakan.

Menerapkan 2FA dapat membuat akun atau sistem lebih sulit diakses oleh pihak yang tidak sah, karena bahkan jika kata sandi pengguna dicuri, pencuri masih memerlukan faktor kedua yang valid untuk masuk. Ini membantu melindungi informasi sensitif dan mengurangi risiko pencurian identitas atau akses ilegal.

Namun, penting untuk diingat bahwa 2FA bukanlah solusi sempurna, dan penggunaan yang salah atau implementasi yang buruk dapat mengakibatkan kelemahan keamanan juga. Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa sistem 2FA yang diterapkan dirancang dengan baik, mudah digunakan, dan aman. Selain itu, kesadaran pengguna tentang praktik keamanan siber yang baik juga sangat penting dalam melindungi diri mereka dari ancaman online.

 

Sumber :

https://mtarget.co/blog/two-factor-authentication/

https://www.klippa.com/en/blog/information/what-is-2fa/